Tips Mudah Cara Mengatasi Masalah Komputer Tidak Bersuara

Penggunaan komputer didunia modern seperti sekarang ini memang sudah menjadi kebutuhan penting. Aktivitas sekolah hingga kantor sekarang memang membutuhkan akses komputer untuk mempermudah pekerjaan setiap orang. Akan tetapi, komputer itu sendiri juga bisa mengalami permasalaha terlebih jika si penggunanya tidak pernah merawat komputer mereka. Mereka hanya menggunakan saja tanpa perawatan. Jika hal ini terjadi maka bukan tidak mungkin komputer akan mengalami masalah. Salah satu masalah yang bisa membingungkan para penggunanya adalah masalah komputer yang tidak bersuara. Jika kita sedang menonton film atau mendengarkan mp3 lalu masalah ini terjadi tentu akan menjengkelkan. Oleh karena itu, mengetahui cara mengatasi Masalah komputer tidak bersuara akan sangat berguna dikemudian hari untuk kita sebagai para pengguna.

Cara mengatasi masalah komputer yang tidak bersuara

Jika kita mengalami masalah komputer tidak bersuara tentu hal pertama yang kita lakukan adalah bingung dan panik mengapa tidak bisa mengeluarkan suara. Akan tetapi, kita tidak peru bingung karena tidak adanya suara pada komputer disebabkan oleh beberapa faktor kondisi. Beberapa faktor tersebut bisa mulai dari masalah hardware hingga ke masalah software. Oleh karena itu, sebelum kita masuk lebih jauh ke cara mengatasinya, maka ada baiknya jika kita mengecek satu per satu kerusakannya sehingga kita bisa menemukan jalan keluarnya bagaimana masalah tersebut bisa diselesaikan.

Untuk mengetahui permasalahan komputer tidak bersuara, maka ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengecek sound tersebut. langkah awalnya adalah memeriksa sound card pada komputer. Caranya cukup mudah dimana kita hanya perlu klik START -> Control Panel -> system and security -> klik devce manager pada menu system. Setelah itu adalah dengan melakukan double klik pada menu sound, video and game controllers. Untuk langkah ini sendiri, kita perlu memastikan sound card sudah terinstal pada komputer.

Cara mengatasi Masalah komputer tidak bersuara selanjutnya adalah memastikan kesalahan yang ada pada driver. Pastikan apakah terdapat masalah pada driver sound card yang ada pada cara sebelumnya atau tidak. Untuk mengetahuinya, anda bisa klik kanan kemudian memilih update driver software. Pada tahapan ini, anda bisa memilih salah satu cara untuk menginstall driver. Salah satu diantaranya adalah dengan mendownload melalui internet atau menginstal dari komputer. Jika anda masih belum memiliki driver yang dibutuhkan, maka opsi mendownload dari internet bisa anda ambil agar nantinya bisa berjalan dengan lancar.

cara mengatasi masalah komputer tidak bersuara

Selanjutnya, anda harus memastikan bahwa driver sudah terinstal. Untuk mengetahui apakah driver sudah terinstal atau belum, kita bisa melihatnya dikomputer. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan setting yang ada pada software driver. Kita bisa ambil contoh semisal kita menggunakan realtek audio manager, saat anda menancapkan speaker ataupun headphone pada komputer, biasanya akan muncul pemberitahuan dari driver tersebut. Anda bisa menentukan jenis device yang baru saja anda pasang sehingga anda bisa memastikan untuk memilih jenis device yang sesuai dengan yang anda pasang semisal headphone.

Baca juga : Mengenal input dan output pada PC

Sedangkan langkah terakhir untuk mengatasi masalah komputer tak bersuara adalah dengan menggunakan troubleshooter yang biasanya disediakan oleh windows. Tool ini biasanya akan membantu anda untuk menemukan masalah yang ada pada komputer. Dengan demikian, anda bisa segera memperbaikinya dengan baik. Troubleshooter ini sendiri memiliki proses yang cukup sederhana dan tidak membuat para penggunanya bingung saat memperbaiki masalah sound yang ada di komputer.

Cara lain mengatasi masalah komputer tak bersuara

Selain cara-cara diatas, ada cara mengatasi masalah komputer tidak bersuara lain yang lebih simpel untuk memperbaikinya. Salah satunya adalah dengan mengecek port audio yang ada pada komputer. Pada umumya CPU ini memiliki 2 port audio yang ada dibagian depan CPU dan belakang. Oleh karena itu, jika anda mencolokkan suara pada port bagian depan dan tidak bersuara, maka anda bisa mencobanya pada bagian belakang. Mengecek speaker yang anda gunakan juga penting karena bisa jadi kesalahan malah terjadi pada speaker. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan ini, melakukan pengecekan secara keseluruhan adalah hal wajib agar dalam penanganannya pun bisa berjalan sesuai dengan problem yang ada.

Leave a Reply