Sakit Kepala Bagian Belakang dan Cara Mengatasinya

Penyebab dari sakit kepala bagian belakang dan cara mengatasinya perlu diketahui lebih lanjut, mengingat jenis sakit kepala ini sering dirasakan oleh banyak orang. Sakit kepala memang sering dialami oleh masyarakat baik itu muda, remaja maupun tua. Sakit kepala memberikan dampak yang tidak baik dimana penderita akan terganggu aktifitasnya sehingga harus menghentikan aktifitasnya untuk beristirahat agar sakit kepala yang dialaminya tidak bertambah parah. Sakit kepala bagian belakang juga sering dialami oleh masyarakat setelah migran. Biasanya penyebab dari timbulnya sakit kepala bagian belakang karena kelelahan dari akatifitas yang dijalankan seharian, kurangnya istirahat juga sering menjadi penyebab mengapa sakita kepala bagian belakang sering muncul.

Selain kepala yang merasakan sakit karena adanya sakit kepala ini, ada gejala lain yang timbul karena sakit kepala bagian belakang yaitu nyeri pada bagian leher dan sering mual. Ada beberapa penyebab timbulnya sakit kepala bagian belakang yang perlu anda ketahui, berikut ini penyebab dari sakit kepala bagian belakang.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Migran Basilar

Migran basilar adalah migran yang menyerang kepala bagian belakang, dampak yang ditimbulkan oleh migran basilar adalah mual, telinga berdengung dan juga pandangan menjadi kabur. Beberapa gejala diatas memang sangat mengganggu sekali bagi si penderita akan tetapi gejala tersebut bukan berarti dapat membuat si penderita menjadi lemah. Walaupun seperti itu bukan berarti anda meremehkan migran basilar ini, jika anda mengalami sakit kepala bagian belakang segera ke dokter untuk mendapatkan penangan lebih cepat.

Sakit kepala bagian belakang dan cara mengatasinya

Sakit Kepala Tegang (Tension Headache)

Sakit kepala tegang biasanya diakibatkan oleh kelelahan, kurangnya istirahat menjadi penyebab utama dari sakit kepala jenis ini. oleh sebab itu diperlukan relaksasi dan istirahat yang cukup untuk menghindari sakit kepala jenis ini. dampak dari sakit kepala tegang antara lain adalah sakit kepala pada bagian belakang, sakit pada bahu dan juga sakit pada leher. Selain itu sakit kepala jenis ini juga dapat membuat penderitanya terasa nyeri pada kepala dan sering mual.

Okisipital Neuralgia

Gejala yang ditimbulkan oleh sakit kepala jenis ini adalah mata akan terasa sakit dan akan terasa sakit ketika menggerakkan leher. Penyebab dari sakit kepala ini adalah diabetes, peredaran pembuluh darah yang terganggu dan trauma.

Baca juga tips kesehatan lainnya :

  1. Tips sederhana mengatasi nyeri haid yang berlebihan
  2. Obat-obatan tradisional untuk menyebuhkan asam urat dan rematik
  3. Penyebab dan obat tradisional untuk sakit maag

Itulah beberapa penyebab dari sakit kepala pada bagian belakang dan juga gejala yang ditimbulkannya. Dengan adanya penyebab-penyebab diatas maka anda bisa menghindarinya agar anda tidak terkena yang namanya sakit kepala pada bagian belakang. Jika anda sudah terlanjur mengalami yang namanya sakit kepala pada bagian belakang anda bisa mengatasinya dengan segera. Berikut ini cara mengatasi sakit kepala pada bagian belakang.

Sakit Kepala Bagian Belakang dan Cara Mengatasinya

Pijat

Sakit kepala bagian belakang dan cara mengatasinya yang pertama yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala adalah dengan cara memijat kepala dengan lembut. Dengan cara ini maka rasa sakit pada kepala akan berkurang dan ini banyak dilakukan oleh sebagian orang yang merasakan sakit kepala pada bagian belakang. Selain itu memijat juga meningkatkan kualitas tidur anda.

Mengkonsumsi Kari

Kari dapat meredakan sakit kepala pada bagian belakang, ini dijelaskan oleh peneliti dari skotlandia yang menyatakan bahwa rempah-rempah pada bagian dalam kari dapat menghilangkan rasa sakit kepala.

Aerobik

Sakit kepala bagian belakang dan cara mengatasinya yang berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan sakit kepala pada bagian belakang adalah dengan cara aerobik seperti berenang dan juga bersepeda. Selain dapat mengurangi rasa sakit kepala juga dapat meningkatkan kualitas hidup sehat anda.

Peregangan

Salah satu penyebab mengapa anda sakit kepala adalah karena otot anda tegang. Untuk mengurangi rasa sakit pada kepala anda bisa melakukan peregangan dimana fungsi dari peregangan ini untuk mengendorkan otot otot yang sedang tegang sehingga menjadi rileks.

Minum Air Putih

Beberapa sebab mengapa sakit kepala itu muncul karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Oleh sebab itu anda harus mengkonsumsi air secara cukup yaitu kurang lebih 8 – 10 gelas air perhari. Selain itu air juga salah satu komponen yang paling penting untuk tubuh sehingga tubuh lebih sehat dan bugar.

Kompres

Silahkan anda sediakan air hangat dan handuk bersih. Celupkan handuk pada air hangat lalu peras dan tempelkan pada bagian kepala yang terasa sakit. Air hangat dapat memberikan relaksasi sehingga sakit kepala berkurang bahkan hilang.

Biji Alpukat

Alpukat adalah buah yang sangat lezat untuk disantap dengan gula bahkan dijadikan jus alpukat. Jus alpukat sendiri bukan hanya lezat akan tetapi juga mengenyangkan, akan tetapi bukan hanya daging buahnya saja yang bisa anda manfaatkan. Anda juga dapat memanfaatkan biji alpukat untuk menghilangkan sakit kepala bagian belakang. Cara mengolahnya, silahkan anda sediakan 2 biji alpukat lalu anda parut biji tersebut dan beri sedikit air. Lalu anda tempelkan pada dahi anda kurang lebih 1 jam, maka sakit kepala anda akan berkurang.

Mengkonsumsi Kentang

Sakit kepala bagian belakang bukan hanya disebabkan karena otot yang tegang dan dehidrasi, juga disebabkan karena kekurangan kalium. Untuk mengatasi hal ini anda bisa mengkonsumsi kentang dimana kentang kaya akan kalium. Cara memanfaatkannya adalah dengan cara merebus ataupun membakar kentang tersebut dengan kulitnya. Jangan konsumsi kentang yang diolah dengan cara digoreng.

Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Mengandung Mint

Makanan yang mengandung mint adalah permen mint dan minuman yang mengandung mint antara lain teh peppermint, dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung mint maka sakit kepala yang sedang anda rasakan akan berkurang dengan makanan dan minuman ini.

Memanfaatkan Biji Wijen

Manfaat dari biji wijen tidak hanya digunakan untuk bahan kue saja akan tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan sakit kepala bagian belakang dimana biji wijen mengandung vitamin E yang dapat menstabilkan esterogen dalam tubuh anda.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala bagian belakang. Bahan-bahan yang digunakan diatas untuk menghilangkan sakit kepala bagian belakang tidak sulit didapat sehingga anda dengan mudah mendapatkannya ketika anda membutuhkannya.

Jika sakit kepala bagian belakang masih berlanjut walaupun anda sudah menggunakan cara diatas untuk mengatasinya maka anda harus segera pergi ke dokter karena kemungkinan besar sakit kepala yang sedang anda rasakan akan berlanjut dan harus mendapatkan penanganan khusus dari ahlinya yaitu dokter. Dengan mendatangi dokter maka anda akan mendapatkan jawaban pasti dan akan diberikan obat sesuai sakit kepala yang sedang anda rasakan.

Demikian informasi sakit kepala bagian belakang dan cara mengatasinya, agar anda tidak mengalami sakit kepala bagian belakang terjadi lagi kepada anda maka anda bisa mencegangnya dengan cara-cara yang sudah dijelaskan diatas. Seperti pepatah bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati karena jika sudah terlanjur sakit akan banyak biaya yang akan dikeluarkan baik itu biaya untuk obat maupun biaya untuk transportasi untuk pergi ke dokter. Selain itu, aktifitas anda akan terhenti karena anda harus istirahat untuk sementara waktu.