Temukan Solusi di Bedacara.com

Kelebihan, Kekurangan, Serta Perbedaan X64 dan X86 pada OS Windows

Ketika anda akan menginstall sebuah sistem operasi windows pada komputer, terdapat dua pilihan sistem operasi yaitu windows x86 atau 32 bit atau windows x64 atau 64 bit. Bagi orang awam banyak yang belum mengerti apa itu X64 dan X 86 bahkan sebagian besar orang cenderung mengabaikan hal ini saat proses intalasi software karena tidak tau banyak tentang X64 maupun 86. Pemilihan X64 atau X86 saat melakukan instalasi software windows sangat berpengaruh sekali terhadap kinerja komputer kedepan termasuk menginstall aplikasi-aplikasi lain yang bisa dilakukan pada komputer. Perbedaan X64 dan X86 memberikan performa berbeda pada sistem operasi yang dijalankan. Agar lebih paham mari kita simak perbedaan X64 dan X86 yang wajib anda ketahui agar bisa mendapatkan performa optimal bagi penggunaan komputer anda.

Pengertian X64 dan X86 pada OS Windows

Pengertian X6 dan X86 mewakili jumlah suatu bit yang merupakan banyaknya data yang mampu dimuat dan besarnya kapasitas database yang digunakan untuk menyimpan informasi dari sistem operasi komputer saat sistem bekerja. X64 dan X86 merupakan nama umum dari arsitektur mikroprosesor. X64 biasa disebut dengan 64 bit sedangkan X86 sering disebut 32 bit.

Perbedaan X64 dan X86 pada OS Windows

Perbedaan X64 dan X86 pada OS Windows

NoPerbedaanX64X86
1UkuranUkuran fisik lebih besarUkuran fisik lebih kecil
2Operasional RAMMaksimal 192 GBMaksimal 4 GB
3Dukungan DriverBanyak, Namun kurang support driver lama.Terbatas, Support untuk driver lama
4Software & AplikasiBanyak Aplikasi dan Software yang bisa dijalankan. Baik 64 bit atau 32 bitTerbatas, hanya untuk Aplikasi dan Software 32 bit
5Faktor KeamananLebih aman ( Tersertifikasi )Kurang aman

Penggunaan RAM

Penggunaan RAM X64 dan X86 memiliki perbedaan yang signifikan. Apabila anda menginstall windows dengan ukuran X64 maka RAM yang bisa digunakan saat sistem operasi berjalan adalah sebesar 192 GB. Sementara apabila anda menginstall windows dengan ukuran X86 atau 32 bit besarnya RAM yang dapat digunakan maksimal 4 GB saat sistem operasi bekerja. Berapapun besarnya kapasitas RAM yang ada pada perangkat laptop anda, apabila menggunakan X86 atau 32 bit yang terpakai hanya 4 GB saja.

Penggunaan Software atau Aplikasi

Ketika perangkat komputer anda sudah terinstall sistem operasi X86 ( 32 bit ) atau X64 ( 64 bit ) akan berpengaruh besar untuk penggunaan software atau aplikasi kedepannya. Bagi anda yang memakai sistem operasi  X64 ( 64 bit ) anda dapat menginstall dan menjalankan berbagai software atau aplikasi pada perangkat anda walaupun suatu software atau aplikasi tersebut memiliki kriteria 32 bit. Berbeda dengan X64 apabila anda memakai sistem operasi dengan X86 ( 32 bit ) maka anda hanya bisa memakai software atau aplikasi yang memiliki kriteria 32 bit dan tidak bisa menggunakan software atau aplikasi dengan kriteria 64 bit.

Baca juga :

Performa

Berbicara performa X64 dan X86 jelas berbeda mengingat perbedaan X64 dan X86 yang cukup signifikan. Performa X64 jelas lebih unggul mengingat kemampuan penggunaan RAM yang lebih besar sehingga membuat fungsi kerja sebuah software atau aplikasi semakin lancar, cepat dan optimal. Namun penggunaan X64 atau X86 juga tergantung dari perangkat komputer yang anda miliki, sebab perangkat komputer lama lebih support terhadap sistem X86 ( 32 bit ).

Kelebihan dan Kekurangan X64

Menggunakan sistem operasi X64 atau 64 bit banyak sekali memiliki kelebihan diantaranya dapat mendukung segala kriteria software atau aplikasi baik 64 bit atau 32 bit. Fungsi kerja dari sebuah software atau aplikasi berjalan maksimal karena bisa mengoptimalkan jumlah RAM yang ada pada perangkat. Lebih stabil dan lancar ketika menjalankan software atau aplikasi berat. Keuntungan yang terakhir dari sisten operasi X64 adalah faktor keamanan yang lebih terjamin mengingat driver dari perusahaan hardware wajib bersertifikasi.

Kekurangan apabila anda menggunakan sistem operasi X64 atau 64 bit adalah anda harus memiliki perangkat komputer yang mempunyai dukungan RAM besar. Selain itu tidak bisa support untuk komputer lama dan driver-driver lama.

Kelebihan dan Kekurangan X86

Apabila anda menggunakan sistem operasi X86 atau 32 bit ada beberapa kelebihan yang anda dapatkan diantaranya anda tidak membutuhkan perangkat komputer dengan spesifikasi RAM yang besar sehingga anda tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membeli sebuah perangkat komputer. Kedua X86 sangat cocok digunakan untuk perangkat komputer keluaran lama dan tentunya support driver-driver lama.

Sementara kekurangan menggunakan sistem operasi X86 antara lain anda tidak bisa menggunakan software atau aplikasi yang memiliki kriteria 64 bit. Apalagi kebanyakan aplikasi atau software jaman sekarang sudah banyak menggunakan 64 bit seperti software design maupun game. Selain itu sistem operasi X86 ini juga rentan terhadap gangguan keamanannya.

Ketika anda akan menginstall sebuah sistem operasi X64 atau X86 pada perangkat komputer, Ketahui terlebih dahulu tujuan penggunaan software atau aplikasi yang akan anda jalankan. Selain itu kenali juga perbedaan X64 dan X86 agar anda bisa mempunyai referensi untuk memutuskan sistem operasi yang tepat dan terbaik. Semoga penjelasan perbedaan X64 dan X86 ini bisa memberikan referensi untuk memutuskan sistem operasi yang tepat pada perangkat komputer yang anda miliki

Leave A Reply