Temukan Solusi di Bedacara.com

Perbedaan Visa dan Paspor (Pengertian, Cara Membuatnya)

0

Ketika anda ingin pergi ke luar negeri ada banyak sekali dokumen yang harus disiapkan. Dua dokumen penting yang tak boleh terlewat adalah visa dan paspor. Dua dokumen ini sangat vital perannya, banyak orang awam yang belum mengerti tentang visa dan paspor. Banyak orang mengira visa dan paspor merupakan dokumen yang sama, bahkan ada yang menganggap kita dapat pergi ke luar negeri hanya dengan memiliki salah satu dokumen tersebut. Agar tidak terjadi kekeliruan mari kita simak perbedaan visa dan paspor dibawah ini.

Pengertian Visa dan Paspor

Visa adalah dokumen yang dibutuhkan ketika anda ingin memasuki suatu negara. Visa diibaratkan seperti surat ijin agar anda dapat masuk dan berkunjung ke sebuah negara.

Paspor adalah dokumen yang dibuat oleh instansi resmi dari suatu negara untuk keperluan seseorang yang ingin berkunjung ke suatu negara. Paspor diibaratkan seperti KTP yang dapat digunakan berkunjung ke suatu negara, karena memuat identitas lengkap seseorang.

Perbedaan Visa dan Paspor Berdasarkan Jenisnya

Jenis paspor antara lain :

Paspor biasa, paspor yang diterbitkan untuk warga negara sebagai paspor pejalanan biasa

Paspor diplomatik, Paspor yang diterbitkan untuk perwakilan diplomatik suatu negara, pemegang paspor ini memiliki kelebihan tertentu.

Paspor dinas, Paspor yang diterbitkan untuk kepentingan dinas atau melaksanakan tugas ke luar negeri.

Paspor kelompok, Paspor yang diterbitkan untuk sekelompok orang yang mempunyai tujuan sama misalkan kelompok perjalanan studi banding.

Paspor haji dan umrah, Paspor yang diterbitkan khusus untuk calon jamaah haji atau umrah.

Jenis visa antara lain :

Visa kunjungan sementara, Visa jenis ini berlaku sementara dan memiliki masa berlaku yang tidak lama. Visa sementara juga dibedakan menjadi beberapa jenis kunjungan yang akan kita lakukan semisal mengunjungi keluarga, bisnis atau tujuan wisata.

Visa kerja, Visa ini digunakan untuk anda yang akan bekerja di luar negeri, masa berlaku visa ini bergantung pada kontrak kerja yang anda terima.

Visa transit, Visa ini berlaku untuk transit di suatu negara. Saat anda bepergian keluar negeri dan pesawat anda mempunyai tujuan transit di suatu negara visa ini sangat dibutuhkan.

Visa belajar, Visa yang digunakan untuk tujuan studi ke luar negeri

Visa pertukaran pelajar, Visa yang digunakan untuk program pertukaran pelajar atau siswa ke luar negeri

Visa diplomatik, Visa yang diperuntukan untuk diplomat dalam melaksanakan tugas negara ke luar negeri

Visa khusus, Visa yang dibuat dan berlaku untuk tujuan khusus atau tertentu.

Perbedaan Visa dan Paspor

NoPerbedaanVisaPaspor
1Tempat PembuatanKedutaan Besar atau Konsulat JenderalKantor Imigrasi
2Syarat PembuatanPaspor dan dokumen lain yang dipersyaratkane-KTP, Kartu keluarga, Akta kelahiran, Ijazah/Buku nikah, Materai
3Biaya PembuatanTergantung negara tujuan300.000 sampai 600.000
4Masa BerlakuTergantung jenis Visa5 tahun
5BentukStempelBuku kecil beberapa halaman

Cara Membuat Paspor

Cara membuat paspor pertama anda harus daftar online dulu di web imigrasi Indonesia, setelah mendapat nomor antrian segera datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal yang ditentukan, jangan lupa bawa semua dokumen persyaratan. Paspor bisa kamu dapatkan setelah 3 hari proses pembuatan, jangan lupa lakukan pembayaran terlebih dahulu lewat rekening bank yang sudah di tentukan oleh imigrasi karena ini jadi syarat utama untuk pengambilan paspor anda.

Cara Membuat Visa

Cara membuat visa pertama anda harus melihat persyaratan apa saja yang di minta oleh negara tujuan dan juga besarnya biaya yang dibutuhkan. Anda bisa melihat persyaratan ini dari situs kedutaan besar negara yang kamu tuju. Lengkapi persyaratan yang diminta oleh pihak kedutaan besar negara tujuan. Selanjutnya anda bisa datang ke kantor kedutaan besar negara yang kamu tuju, biasanya kantor kedutaan besar ini berada di ibu kota negara. Jangan lupa siapkan uang sebagai biaya pembuatan visa.

Negara Bebas Visa

Negara bebas visa memberikan visa bebas untuk kepentingan tertentu misalkan visa bebas untuk liburan. Walaupun terbilang visa bebas tetap saja ada syarat-syarat yang harus di penuhi, Anda juga harus cermat karena visa bebas ini biasanya berlaku terbatas saja. Di dunia ini ada 77 negara yang memberikan visa bebas.

Nah itulah perbedaan visa dan paspor yang sudah penulis bahas, Terkadang banyak kesulitan yang akan dialami ketika membuat dua dokumen tersebut tetapi anda tak usah khawatir, selama anda mengikuti peraturan dan ketentuan pembuatannya pasti akan selesai. Hindari pembuatan dokumen visa dan paspor ini dari tangan calo atau pun pungutan liar yang memberikan iming-iming kemudahan dalam pembuatan. Cobalah untuk mengurus sendiri pembuatan visa dan paspor anda, selain aman juga akan memberikan pengalaman kedepannya.

0

Leave A Reply