Temukan Solusi di Bedacara.com

Perbedaan ROM dan RAM

Bagi anda yang kesehariannya berkecimpung dalam dunia komputer tentu tak asing lagi dengan ROM dan RAM. Anda pasti sudah banyak mengetahui tentang perbedaan ROm dan RAM, baik itu fungsi maupun kegunaannya. Namanya hampir mirip tetapi mempunyai perbedaan yang signifikan. Bagi anda yang mungkin belum mengetahui banyak tentang ROM dan RAM, Berikut adalah perbedaan ROM dan RAM yang harus anda ketahui.

1. Pengertian ROM

ROM ( Read Only Memory ) adalah sebuah komponen penyimpanan yang beroperasi saat prosess booting komputer berlangsung. ROM dapat menyimpan data secara permanen walaupun saat kondisi sebuah perangkat sudah mati, Data yang disimpan akan tetap ada dan tidak hilang. Dalam setiap perangkat besarnya kapsitas ROM berbeda-beda tergantung dari spesifikasi perangkat. Apabila anda menggunakan smartphone, besarnya kapasitas ROM membuat anda bisa menginstall lebih banyak aplikasi. ROM merupakan jenis memori yang hanya bisa dibaca, Apabila ingin melakukan pengisian data atau file harus melalui proses tertentu. Semakin besar kapasitas ROM dalam suatu perangkat akan memberikan nilai lebih pada perangkat tersebut. Biasanya untuk memperbesar kapasitas ROM pada laptop, anda dapat menambahkan media penyimpanan eksternal.

2. Pengertian RAM

RAM ( Random Access Memory ) adalah komponen penyimpanan yang bekerja saat sebuah sistem operasi pada sebuah perangkat melakukan fungsi kerjanya. Besarnya kapasitas RAM yang digunakan saat sebuah perangkat bekerja berbeda beda, tergantung dari jenis aplikasi atau software yang ada dalam perangkat tersebut. Data yang disimpan oleh RAM bersifat sementara, ketika sebuah perangkat berhenti menjalankan fungsi kerja sebuah aplikasi atau software maka otomatis data yang ada di RAM akan terhapus. Besarnya kapasitas RAM yang ada pada sebuah perangkat akan banyak memberikan pengaruh pada kinerja aplikasi atau software yang dijalankan. Anda bisa mengupgrade RAM dalam perangkat anda apabila memang membutuhkan hasil yang optimal untuk menjalankan suatu aplikasi atau software.

3. Perbedaan ROM dan RAM

perbedaan rom dan ram

NoPerbedaanROMRAM
1KepanjanganRead Only MemoryRandom Access Memory
2Kapasitas MemoriBesarKecil
3UkuranLebih KecilLebih Besar
4Jenis-JenisPROM
EPROM
EEPROM
SRAM
DRAM
5Sifat DataPermanenSementara
6Proses KerjaLambatCepat
7Penggunaan DayaTanpa Daya Data Tetap TersimpanTanpa Daya Data Akan Hilang

Perbedaan RAM dan ROM sangat signifikan, ROM dapat dikatakan memori penyimpanan data pada sebuah perangkat, Sementara RAM merupakan sebuah memori yang menjalankan proses operasi sebuah aplikasi atau software pada perangkat anda.

4. Jenis Jenis ROM dan RAM

ROM mempunyai 3 jenis penyimpanan antara lain PROM ( Programmable Read Only Memory ), EPROM ( Erasable Programmable Read Only Memory ) dan EEPROM ( Electrically Erasable Programmable Read Only Memory ). Sementara RAM mempunyai 2 jenis penyimpanan antara lain DRAM ( Dynamic Random Access Memory ) dan SRAM ( Static Random Access Memory ). Jenis jenis ROM dan RAM yang berbeda-beda didasarkan atas cara kerja masing-masing jenis ROM atau RAM.

5. Fungsi ROM dan RAM

Perbedaan ROM dan RAM dalam suatu perangkat terletak pada fungsinya yang berbeda. ROM mempunyai fungsi antara lain membaca data, sebagai tempat penyimpanan program untuk booting pada awal komputer dijalankan dan menjalankan sistem operasi yang ada di sebuah perangkat. Sementara itu RAM memiliki lebih banyak fungsi untuk sebuah perangkat diantaranya bisa membaca data, menjalankan sebuah aplikasi atau software pada perangkat dengan cepat dan menyimpan informasi data pada perangkat

6. Data ROM dan RAM

Data yang ada pada ROM akan tetap tersimpan aman dalam suatu perangkat. Anda tak perlu khawatir data akan hilang walaupun perangkat komputer yang anda gunakan mati atau tidak sedang beroperasi. Sementara data yang ada pada RAM bersifat sementara artinya ketika perangkat yang anda gunakan dimatikan, otomatis data yang tersimpan akan hilang. Ini sesuai dengan namanya yaitu akses data, artinya data RAM ini hanya ada ketika sebuah perangkat beroperasi menjalankan sebuah aplikasi atau software pada perangkat

7. Kapasitas ROM dan RAM

Berbicara kapasitas penyimpanan ROM dan RAM akan sangat tergantung dari sebuah perangkat. ROM akan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan RAM, hal ini dikarenakan fungsinya pada suatu perangkat yang berbeda. ROM biasanya memiliki ukuran 4 GB sampai 512 GB, sementara RAM memiliki ukuran beberapa MB sampai beberapa GB.

Baca Juga : Perbedaan LED dan LCD

8. ROM dan RAM dalam Perangkat

ROM dan Ram dapat ditemukan dalam perangkat elektonik kita sehari-hari. Komputer, Laptop atau Smartphone anda tentu memiliki dua penyimpanan data ini. Dalam perangkat komputer atau laptop besarnya ukuran ROM dan RAM lebih besar dari yang ada pada Smartphone anda. Dengan perkembangan teknologi yang pesat kita dapat menemukan smartphone atau tablet yang mempunyai kapasitas RAM yang hampir sama dengan sebuah komputer.

Perbedaan ROM dan RAM sangat signifikan, sehingga ketika akan membeli sebuah perangkat, Anda dapat memilih spek yang baik khususnya pada kapasitas ROM dan RAM yang ditawarkan. ROM dan RAM memberikan dampak besar bagi operasi sebuah perangkat yang anda miliki.

Leave A Reply