Temukan Solusi di Bedacara.com

Perbedaan Mirrorless dan DSLR

Bagi seorang fotografer kamera merupakan senjata utama untuk menghasilkan foto dengan kualitas terbaik. Kamera memiliki banyak jenis dan mempunyai fungsi masing-masing. Jenis jenis kamera antara lain SLR, DSLR, Mirrorless, Powershoot dan Pocket. Setiap jenis kamera memiliki keunggulan dan kelemahan masing masing. Kamera jenis Mirrorless dan DSLR adalah kamera yang paling laku dipasaran dan banyak digemari para fotografer. Dua kamera ini memiliki fitur unggulan yang saling bersaing satu sama lain. Berikut adalah perbedaan Mirrorless dan DSLR yang harus anda ketahui.

Tampilan Fisik

Perbedaan Mirrorless dan DSLR dari segi tampilan sangat berbeda jauh. Kamera mirrorless memiliki tampilan yang ringkas, kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Sementara kamera DSLR mempunyai bentuk yang lebih besar, untuk memudahkan membawanya anda harus melengkapinya dengan tas kamera. Secara berat Mirrorless mempunyai berat yang lebih ringan dibanding DSLR. Ketika anda hendak mengambil objek foto ditempat yang jauh seperti puncak gunung, tentu menggunakan kamera Mirrorless lebih menguntungkan daripada DSLR yang beratnya bisa menambah beban bawaan anda.

Prinsip Kerja

Kamera DSLR memanfaatkan pantulan cermin untuk bekerja menghasilkan gambar. Ketika anda melihat gambar pada view finder itu merupakan hasil dari cahaya yang masuk pada lensa kamera dan dipantulkan oleh sebuah cermin pantul ke cermin pentaprism ( cermin segi lima ). Pentaprism ini akan memantulkan cahaya ke view finder. Saat anda melepas tombol shutter kaca akan membuka sehingga cahaya bisa masuk mengenai sensor. Dari sensor ini anda bisa melihat hasil foto pada layar kamera DSLR.

Sesuai namanya, Kamera mirrorless tidak memakai cermin dalam proses kerjanya, ini juga yang membuat kamera mirrorless memiliki ukuran yang kecil. Prinsip kerja kamera mirrorless adalah cahaya yang masuk ke lensa mengarah langsung pada sensor auto-fokus. Sensor akan membaca datangnya cahaya dan ditampilkan pada layar kemera mirrorless. Anda dapat melihat secara langsung gambar yang akan anda ambil melalui tampilan layar kamera mirrorless.

Perbedaan Mirrorless dan DSLR

Perbedaan Mirrorless dan DSLR

NoPerbedaanMirrorlessDSLR
1PengertianKamera yang tidak memerlukan pantulan cermin untuk bekerja ( Mirrorless )Bekerja dengan memanfaatkan bantuan pantulan cermin ( Digital single lens reflex )
2DimensiLebih kecil, ringkas dan ringanLebih besar dan berat
3FiturBelum selengkap DSLRLengkap
4ResolusiBiasanya lebih kecil dari DSLRResolusi besar
5View FinderJarang kamera mirrorles yang memilikiSemua DSLR memiliki
6Image StabilizationTerpasang di body kameraTerpasang di setiap lensa kamera
7ShutterSuara lebih senyapSuara lebih keras
8SensorKualitas sensor hampir menandingi DSLR baik jenis dan ukuranKualitas sensor baik jenis dan ukuran sudah bagus
9Auto FokusUnggul dalam live viewUnggul dalam tracking subjek
10HargaLebih murah dari DSLRMahal

Dukungan Lensa

Berbicara dukungan lensa anda tak perlu khawatir apabila menggunakan kamera DSLR. Banyak lensa kamera yang tersedia untuk kamera DSLR, hampir semua produsen kamera memproduksi dukungan lensa untuk kamera DSLR. Bagi anda yang menggunakan kamera mirrorless anda tidak memiliki banyak pilihan lensa seperti DSLR. Dalam kasus tertentu anda juga harus menambahkan adaptor agar sebuah lensa bisa digunakan pada kamera mirrorless.

Penggunaan Baterai

Bagi anda yang suka mengambil banyak foto saat sesi pemotretan, Menggunakan kamera DSLR adalah pilihan yang tepat. Kamera DSLR mempunyai daya tahan baterai yang lebih lama dan tidak mudah habis sehingga mendukung banyak pengambilan gambar dengan waktu yang relatif lebih lama. Sementara kamera mirrorless dengan ukuran kamera yang kecil maka otomatis kapasitas baterai juga terbatas. Anda harus menyiapkan baterai cadangan untuk bisa mengambil foto dalam jumlah banyak. Kamera mirrorless mempunyai daya tahan baterai yang rendah dan mudah habis saat digunakan.

Kualitas Foto

Berbicara kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Mirrorless dan DSLR tentu banyak hal yang menjadi pertimbangan, dengan besarnya megapixel yang dimiliki oleh kamera DSLR tentu anda dapat mencetak foto dengan ukuran besar tanpa takut pecah pada foto, namun sekarang dengan semakin canggihnya perkembangan fotografi ada beberapa kamera mirrorless yang memiliki megapixel yang cukup besar, bahkan sudah menandingi DSLR. Kualitas foto juga ditentukan jenis dan besarnya sensor pada sebuah kamera. Dengan sensor tipe APS-C maupun yang tercanggih sensor full frame gambar yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang baik, jadi ketika anda menggunakan kamera mirrorless atau DSLR pasti akan menghasilkan kualitas gambar yang baik apabila dibekali sensor yang baik. Namun perlu diingat bahwa kamera mirrorless tidak semuanya memiliki sensor yang baik, itu karena keterbatasanya secara ukuran yang kecil sehingga biasanya ukuran sensor juga menyesuaikan.

Kualitas Video

Bagi anda yang suka membuat video atau vlog tentu kamera mirrorless memberi banyak keuntungan daripada DSLR. Walaupun DSLR memberikan resolusi HD maupun full HD namun memiliki kekurangan ketika anda harus memakainya dengan ukuran kamera yang besar, ditambah lagi anda perlu membutuhkan bantuan orang lain ketika harus merekam diri sendiri alias terbatas untuk melakukan selfie. Kamera mirrorless sudah mampu memberikan resolusi hingga 4K ini tentu menjadi sebuah keunggulan untuk hasil video yang kualitasnya baik, apalagi dengan ukuran kamera yang kecil memudahkan anda membuat video. Bagi anda yang suka membuat video selfie atau vlog beberapa kamera mirrorless sudah dilengkapi layar kamera yang bisa di rotate 180 derajat, ini akan memberikan kemudahan anda untuk membuat vlog menjadi mengagumkan.

Perbedaan Mirrorless dan DSLR memang cukup signifikan baik dari segi bentuk maupun spesifikasinya. Ketika anda ingin membeli sebuah kamera, anda harus tau tujuan penggunaan kamera anda sehingga anda dapat menentukan kamera mana yang akan anda pakai berdasarkan spesifikasi dan fitur yang dimiliki kamera mirrorless maupun DSLR. Perbedaan Mirrorless dan DSLR yang sudah dijelaskan diatas dapat menjadi referensi untuk anda menentukan sebuah kamera yang cocok untuk anda miliki.

Leave A Reply