Temukan Solusi di Bedacara.com

Perbedaan LED dan LCD

Apa itu layar LED, LCD, apa yang perbedaan LED dan LCD layar? Akhir-akhir ini banyak sekali teknologi layar yang berkembang. Tentu anda tak asing dengan sebutan layar LED maupun layar LCD. Keduanya sering kita temukan dalam produk-produk rumah tangga di rumah kita. Salah satu produk yang dapat kita jumpai adalah TV LCD atau LED. Bagi orang awam mungkin sulit untuk mengetahui apa perbedaan LED dengan LCD. Walaupun keduanya memiliki nama yang hampir sama namun nyatanya memiliki banyak sekali perbedaan. Berikut adalah perbedaan LED dan LCD.

1. Sejarah Ditemukan LED & LCD

Perkembangan teknologi layar/monitor tidak terlepas dari perkembangan TV. Televisi pertama kali menggunakan layar/monitor tabung ( Cathode Ray Tube ). Seiring berjalannya waktu muncul banyak kekurangan yang membuat para peneliti terus mengembangkan teknologi layar/monitor. Perkembangan Teknologi layar berikutnya adalah penemuan layar/monitor CGA yang bentuknya sudah datar. Penemuan ini diikuti dengan Monitor EGA, VGA, PGA, XGA dan SVGA. Semakin baru teknologi layar/monitor yang ditemukan semakin baik pula kualitasnya. Perkembangan berikutnya adalah Layar/monitor LCD. Monitor LCD ini menggunakan teknologi Kristal cair untuk merefleksikan cahaya yang diubah kedalam bentuk warna. Perkembangan teknologi monitor selanjutnya adalah muncul monitor LED. LED menggunakan teknologi plasma untuk menghasilkan warna.

2. Pengertian LED dan LCD

LED ( Light Emitting Diode ) adalah monitor yang menggunakan teknologi plasma atau organic light emitting diode. Prinsip kerja monitor LED menggabungkan teknologi LCD dan CRT. Plasma gas pada monitor LED memiliki fosfor seperti teknologi CRT bedanya pada layar LED ini plasma gas bisa berpendar tanpa bantuan cahaya dibelakang layar.

LCD ( Licuid Crystal Display ) adalah layar/monitor yang mempunyai dua komponen penting yaitu blacklight dan Kristal cair. Dua komponen utama ini menjadi kunci utama layar LCD bekerja. Backlight mempunyai warna putih sedangkan Kristal cair memiliki beragam warna. Prinsip kerja dari layar LCD adalah sudut refleksi yang akan menghasilkan beragam warna. Sudut refleksi diperoleh dari tegangan listrik pada nilai tertentu. Kristal cair akan merefleksikan cahaya dari backlight sehingga cahaya dari backlight dapat berubah menjadi berbagai macam warna.

3. Perbedaan LED dan LCD

Perbedaan LED dan LCD

NoPerbedaanLEDLCD
1KepanjanganLight Emitting DiodeLiquid Crystal Display
2UkuranLebih Ramping dan Tipis dibanding LCDRamping dan Tipis
3BeratLebih RinganRingan
4Kualitas WarnaKualitas Warna Tajam dengan Jutaan PixelsWarna Tajam
5ResponLebih Cepat dari LCDCepat
6Penggunaan Energi Listrik Lebih Rendah dibanding LCDRendah
7HargaLebih Mahal 5-10 % dari LCDMahal

4. Kualitas Layar LED dan LCD

Kualitas tampilan warna gambar pada layar LED lebih unggul dari layar LCD. Ini disebabkan teknologi yang digunakan pada layar LED adalah penggabungan dari layar LCD dan CRT. Warna yang dihasilkan LCD lebih tajam dibanding layar LCD

5. Keuntungan Penggunaan Layar LED dan LCD

Keuntungan menggunakan layar LED antara lain kontras gambar yang dilihat lebih tajam karena terdiri dari jutaan pixels, Usia pemakaian LCD lebih panjang atau lebih awet untuk digunakan. Pencahayaan LED lebih baik jika dibandingkan dengan LCD

Keuntungan menggunakan layar LCD antara lain lebih hemat pemakaian energi listrik dibanding menggunakan layar CRT. Mempunyai brightness ratio yang baik menyentuh angka 350 : 1. Ukuran fisik lebih ramping dibanding layar sebelumnya.

6. Kerugian Penggunaan Layar LCD dan LCD

Kerugian menggunakan layar LED antara lain harga lebih mahal dibanding LCD. Layar LED memiliki ukuran tipis dan mudah rusak apabila penggunaannya tak hati-hati.

Kerugian menggunakan layar LCD antara lain masih memiliki masalah pada resolusi. Sama dengan LED yang mempunyai ukuran tipis apabila tidak hati-hati dalam penggunaannya berpotensi rusak pada fisik.

7. Teknologi Backlight

Layar LCD maupun LED sama sama menggunakan teknologi penyinaran dari belakang layar. Pada layar LCD penyinaran dilakukan oleh cold cathode fluorescent lamps. Pada layar LED dilakukan oleh LED itu sendiri.

8. Ramah Lingkungan

Penggunaan layar LED maupun LCD sangat ramah lingkungan jika dibandingkan dengan layar tabung. Hal ini disebabkan tidak ada kandungan merkuri pada layar LED maupun LCD sehingga tidak mencemari lingkungan.

Baca Juga : Perbedaan UI & UX Design

9. Aplikasi Penggunaan

Apabila anda berprofesi seorang designer atau gamers yang membutuhkan waktu lama di depan computer serta mengejar detail warna yang baik maka gunakan layar atau monitor LED. Sebaliknya jika anda hanya ingin sekilas menonton pertandingan bola atau film menggunakan layar LCD sudah cukup baik.

10. Penggunaan Energi Listrik

Penggunaan energi listrik untuk perangkat yang menggunakan layar LED atau LCD jauh lebih rendah dibandingkan penggunaan layar lain. Sebagai contoh TV LED atau LCD akan memiliki konsumsi energi listrik yang lebih rendah disbanding TV biasa / TV tabung. Penggunaan energi listrik TV LED juga lebih rendah jika dibanding TV LCD.

Perbedaan LED dan LCD yang sudah dibahas diatas dapat menjadi referensi bagi anda tentang seluk beluk layar LED dan LCD. Ketika anda ingin membeli barang yang berhubungan dengan layar LED dan LCD anda dapat menentukan pilihan yang tepat sesuai pertimbangan yang sudah dijelaskan diatas.

Leave A Reply