Temukan Solusi di Bedacara.com

Perbedaan C dan C++ dalam Pemrograman

Ada banyak jenis Bahasa pemrograman yang sering digunakan programmer untuk melakukan pemrograman pada sebuah aplikasi atau software. Berbagai Bahasa pemrograman mulai dari tingkat dasar, menengah hingga yang paling rumit siap digunakan sesuai kebutuhan aplikasi yang dibuat. Dua Bahasa pemrograman yang cukup populer kita dengar adalah Bahasa pemrograman C dan C++. Walaupun memiliki nama yang hampir sama, nyatanya kedua jenis Bahasa pemrograman memiliki perbedaan yang cukup besar. Perbedaan C dan C++ wajib anda ketahui agar tak salah pilih Bahasa pemrograman ketika hendak melakukan pemrograman pada sebuah aplikasi. Berikut Perbedaan C dan C++ dalam pemrograman yang sudah kami rangkumkan untuk anda.

Sejarah

Bahasa pemrograman C dikembangkan mulai awal tahun 1970 an oleh Dennis Ritchie di Bell Telephone Laboratory. Awal mulanya Bahasa pemrograman C digunakan untuk melakukan pemrograman sistem operasi UNIX. Seiring dengan perkembangan teknologi Bahasa pemrograman C juga digunakan untuk pemrograman sotware atau aplikasi.

Sementara itu Bahasa pemrograman C++ dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup pada awal tahun 1980 an. Bahasa pemrograman C++ merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C.

Pengertian

Bahasa pemrograman C merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk sebuah sistem operasi. Bahasa pemrograman C tergolong ( general purpose programming language ) atau bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk melakukan pemrograman diberbagai software atau aplikasi.

Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman yang bersifat pemrograman berorientasi objek, ini juga menjadi salah satu perbedaan dengan bahasa pemrograman C. Bahasa pemrograman C++ mempunyai beberapa tambahan fungsi baru sebagai hasil pengembangan bahasa pemrograman C. Bahasa pemrograman C++ memiliki tingkatan lebih tinggi dibandingkan bahasa pemrograman C.

Baca juga :

Perbedaan C dan C+ dalam Pemrograman

NoPerbedaanCC++
1Cakupan BahasaTerbatas, tidak bisa menjalankan file header C++Luas, bisa menjalankan file header C
2Paradigma PemrogramanPemrograman ProseduralPemrograman Prosedural dan Berorientasi objek
3Operator OverloadingTidak mendukung fungsi & operator overloadingMendukung fungsi & operator overloading
4NamescapeTidak menggunakanMenggunakan
5Variabel ReferensiTidak mendukung variabel referensiMendukung variabel referensi
6Fungsi VirtualTidak memilikiMemiliki
7Tipe Data LogikaTidak mendefinisikan tipe khususMendefinisikan tipe khusus
8Tipe Data StringTidak memilikiMemiliki

Aplikasi Pemakaian

Ketika akan melakukan pemrograman anda harus menentukan bahasa pemrograman mana yang cocok digunakan, untuk itu anda harus tau aplikasi pemakaian yang cocok untuk bahasa pemrograman C dan C++. Bahasa pemrograman C lebih cocok digunakan untuk pemrograman software atau aplikasi yang berhubungan dengan sistem operasi seperti mengembangkan teknologi open source sistem operasi, mengingat bahasa pemrograman C memang dikembangkan untuk mendukung suatu sistem operasi. Sementara bahasa pemrograman C++ bisa anda gunakan untuk melakukan pemrograman, mulai dari pemrograman aplikasi desktop, pembuatan aplikasi mobile hingga membuat game.

Kemudahan Pengunaan

Ketika berbicara bahasa pemrograman satu kata yang timbul mungkin rumit dan susah. Setiap bahasa pemrograman memiliki level kesulitan yang berbeda-beda tergantung tingkatan bahasa pemrograman itu sendiri. Bagi anda yang merupakan level programmer pemula lebih tepat menggunakan bahasa pemrograman C. Dibandingkan bahasa pemrograman C++ bahasa pemrograman C lebih mudah digunakan. Bahasa pemrograman C lebih sederhana dan mudah digunakan untuk melakukan pemrograman.

Kelebihan dan Kekurangan C

Kelebihan bahasa pemrograman C adalah lebih cepat dan efisien saat digunakan, kedua bahasa pemrograman C mempunyai konsep pemrograman prosedural sehingga lebih runtut dan keteraturannya lebih baik. Bahasa pemrograman C dapat diaplikasikan dan mudah dijalankan diberbagai sistem operasi. Untuk menggunakan bahasa pemrograman diberbagai sistem operasi cukup meng-compile ulang bahasa pemrograman C. Bahasa pemrograman C juga dapat digunakan diberbagai jenis perangkat komputer anda.

Kekurangan Bahasa pemrograman C adalah kurangnya fitur-fitur modern untuk mendukung suatu pemrograman. Dengan perkembangan teknologi yang terus meningkat, penggunaan bahasa pemrograman C lama kelamaan akan tergantikan bahasa pemrograman lain yang jauh lebih modern dan tentunya mendukung pemrograman software atau aplikasi yang bersifat lebih kompleks dan modern.

Kelebihan dan Kekurangan C++

Kelebihan bahasa pemrograman C++ adalah kecepatan program yang dihasilkan lebih cepat jika dibandingkan bahasa pemrograman lain. Sama seperti bahasa pemrograman C, Banyak jenis perangkat komputer yang sudah mendukung bahasa pemrograman C++. Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek sehingga lebih tersrtuktur. Bahasa pemrograman C++ juga bisa digunakan pada berbagai sistem operasi yang ada.

Kekurangan yang dimiliki bahasa pemrograman C++ adalah kesulitan saat melakukan pemrograman lebih besar. Pemrograman suatu program lebih rumit jika dibandingkan bahasa pemrograman C. Terakhir bahasa pemrograman C++ kurang cocok untuk digunakan pada konsep OOP.

Ketika hendak melakukan pemrograman suatu software atau aplikasi banyak hal yang anda harus pertimbangkan terkati pemilihan bahasa pemrograman yang tepat. Setiap bahasa pemrograman memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dengan mengetahui perbedaan C dan C++ dalam pemrograman anda bisa memperoleh referensi yang tepat tentang bahasa pemrograman C maupun C++ sehingga bisa menerpakannya dengan tepat saat anda melakukan sebuah pemrograman.

Leave A Reply