Pengertian Modem, Cara Kerja dan Fungsinya

Pengertian Modem, Cara Kerja dan Fungsinya

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memang telah menemukan banyak cara untuk mengakses internet, baik itu dengan kabel maupun tanpa kabel. Salah satu teknologi yang memungkinkan akses internet tersambung adalah modem. Karena pada dasarnya modem dan internet merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan, tanpa modem anda tidak dapat mengakses internet karena koneksi tidak tersambung tanpa adanya modem tersebut. Saat ini dengan berkembangnya teknologi informasi banyak jenis modem yang telah dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna saat ini. Misalnya modem internal untuk ditanam langsung pada komputer maupun modem eksternal yang praktis dibawa kemana – mana. Namun masih sedikit yang tahu mengenai pengertian sebenarnya dari modem, cara kerja dan fungsinya.

Pengertian Modem

Modem sendiri berasal dari singkatan dua kata yakni modulator dan demodulator (atau istilah lain modul demodulator), pengertian modem sendiri adalah sebuah alat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet melaui perantara sinyal atau jaringan tertentu, misalnya jaringan telepon/seluler. Modem terdiri atas modulator dan demodulator yang masing – masing memiliki cara kerja untuk mengubah sinyal dari komputer ke perangkat jaringan di luar komputer, untuk cara kerja dan fungsi modem kami akan jelaskan dalam poin selanjutnya.

Cara Kerja Modem

Setelah anda mengetahui pengertian modem kami akan jelaskan cara kerja modem secara sederhana. Cara kerja modem dibagi menjadi dua bagian, yakni pada bagian modulator dan demodulator. Mula – mula saat komputer akan menyambungkan ke internet. misalnya dengan kabel telepon sebagai perantara, tentu data dari komputer dalam bentuk sinyal digital akan diubah dalam bentuk sinyal analog oleh perangkat modem modulator. Kemudian setelah sinyal ini berubah menjadi analog akan ditransmisikan dari komputer ke perangkat jaringan luar komputer melalui modem.

Pengertian Modem, Cara Kerja dan Fungsinya

Saat informasi dari komputer sampai ke tujuan, maka modem juga akan mengubah kembali sinyal analog tadi ke bentuk digital agar bisa diterima dan diproses oleh komputer. Disinilah bagian modem demodulator berperan untuk melakukan hal tersebut. Selain data / informasi, file yang anda download dari internet pada awalnya berupa data analog saat masih ada pada jaringan, begitu masuk ke komputer anda oleh modem akan diubah menjadi digital dan menjadi file yang biasa anda lihat di komputer. Berdasarkan cara kerja modem di atas inilah komputer di seluruh dunia dapat terhubung dan berinteraksi melalui jaringan internet yang ada.

Modem yang terdiri atas modulator dan demodulator menggabungkan kedua fungsi tersebut menjadi satu sehingga perangkat komputer anda dapt terhubung ke internet dan berinteraksi dengan komputer yang lainnya.

Fungsi Modem

Berdasarkan pengertian dan cara kerja modem yang sudah dijelaskan pada poin sebelumny. Modem memiliki beberapa fungsi utama yang penting bagi komputer agar tersambung dengan internet, antara lain sebagai berikut.

Modem memiliki fungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya sehingga mengubah komunikasi dua arah di jaringan internet. Modem akan mengubah sinyal digital ke analog dari komputer ke jaringan internet. dan mengubah sinyal analog ke sinyal internet begitu data tersebut masuk ke komputer dari jaringan menuju komputer.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Modem memiliki fungsi lain (saat ini) untuk menghubungkan komputer dan membubuhkan fasiltitas tambahan seperti voice modem. Yang mana anda dapat melakukan telepon, mendengarkan radio, SMS, maupun fasilitas lainnya.

Selain itu modem juga berfungsi untuk memeriksa informasi yang diterima apakah benar atau tidak dengan metode checksum. Jika terjadi kerusakan pada data tersebut maka data akan dikirm kembali ke tempat asal.

Demikian artikel kami mengenai pengertian modem, fungsi dan cara kerjanya. Semoga menjadi manfaat dan menambah wawasan bagi anda, terimakasih.