Temukan Solusi di Bedacara.com

Pengertian Hardware, Contoh dan Fungsinya

0

Komputer pada dasarnya adalah sebuah alat yang terdiri dari beberapa gabungan alat – alat elektronik yang digunakan untuk tujuan memudahkan perhitungan dan aktivitas sehari  – hari manusia saat ini. Dalam komputer dikenal dengan berbagai macam perangkat seperti perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Dari kedua perangkat di atas yang menentukan sebuah komputer menjadi komputer yang terlihat seperti pada umumnya adalah hardware / perangkat keras.

Pengertian Hardware Komputer

Pengertian Hardware

Hardware atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan perangkat keras memiliki pengertian sebuah / beberapa komponen yang menjadi komponen dari sebuah sistem komputer. Pengertian hardware lainnya adalah perangkat keras dalam komputer yang secara kasat mata terlihat dan menjadi bagian utama dari sebuah komputer. Karena hardware merupakan gabungan beberapa komponen yang membentuk sebuah sistem komputer, maka jika salah satu komponen hilang atau tidak ada maka proses yang ada dalam komputer tidak akan berjalan dengan baik bahkan komputer tidak dapat berfungsi. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian hardware adalah sebuah perangkat keras / perangkat fisik yang terlihat kasat mata dan menjadi komponen penting dari sebuah sistem komputer.

Hardware memiliki banyak contoh dan fungsi, masing – masing memiliki ciri berbeda dan fungsi yang berbeda pula. Pada poin selanjutnya kami jelaskan mengenai contoh hardware dan fungsi hardware tersebut.

Contoh Hardware dan Fungsinya

contoh, fungsi hardware

Hardware memiliki banyak contoh yang mudah dijumpai pada sebuah komputer, tiap hardware tergabung dalam beberapa jenis sesuai dengan fungsi dan tujuan hardware tersebut diciptakan. Kami sudah merangkum beberapa contoh hardware dan fungsinya yang  dikelompokkan dalam beberapa jenis berdasarkan fungsinya berikut ini :

a. Hardware Input (Masukan)

Sesuai namanya, perangkat ini memiliki fungsi utama untuk memberi masukan ke dalam komputer untuk diproses oleh komputer. Pengguna yang memasukkan input ke komputer harus melewati/menggunakan hardware ini untuk melakukannya. Contoh perangkat hardware input yang umum :

  • Keyboard untuk memasukkan teks/karakter ke dalam komputer
  • Mouse untuk menginput klik dan kursor ke dalam komputer
  • Scanner untuk memasukkan data berupa gambar ke dalam komputer

b. Hardware Proccess

Hardware ini memiliki fungsi untuk melakukan proses utama dari perangkat input dan menghasilkan keluaran ke perangkat output pada komputer, tanpa perangkat ini keberadaan hardware input / output menjadi tidak berfungsi karena data tidak dapat dimasukkan atau dikeluarkan. Contoh hardware proccess ialah prosesor dan motherboard yang masing – masing melakukan proses pada sistem komputer.

Baca juga :

c. Hardware Output (Keluaran)

Hardware output atau perangkat keras keluaran berfungsi untuk mengeluarkan informasi kepada pengguna dari data yang telah diproses di komputer. Data tersebut terlebih dulu telah masuk dari pengguna yang melakukan masukan melalui hardware input yang ada. Contoh hardware output yang umum dijumpai adalah sebagai berikut :

  • Monitor, hardware ini berfungsi mengeluarkan output berupa gambar kepada pengguna
  • Speaker, berfungsi memberi keluaran berupa suara/audio yang dapat didengar telinga manusia.
  • Printer, memberi keluaran berupa dokumen cetak hasil pengolahan data di kertas.

d. Hardware Storage

Hardware storage memiliki fungsi untuk melakukan penyimpanan data pengguna atau data sistem komputer. Tanpa hardware storage data yang anda masukkan tidak dapat disimpan dan hilang dari komputer meskipun telah diproses. Contoh hardware storage yang umum dijumpai pada komputer adalah :

  • Hard Disk, merupakan contoh perangkat storage sekunder berbentuk piringan magnetik yang menyimpan data pribadi pengguna secara permanen, meski listrik padam data di dalam hardisk tidak akan hilang
  • CD / DVD, merupakan cakram piringan optik yang berfungsi menyimpan data pengguna melaui piringan tersebut. CD / DVD memiliki beberapa jenis seperti CD-R, CD-RW, DVD – R, DVD RW.
  • RAM (Random Access Memory), RAM merupakan tempat penyimpanan data sementara dalam komputer. Data yang disimpan dalam RAM akan hilang apabila listrik padam. RAM menyimpan data proses dari komputer, hardware ini juga merupakan perangkat penyimpanan primer dalam komputer.
  • ROM (Read Only Memory), Berbeda dengan RAM yang menyimpan data sementara, ROM bersifat tetap karena ROM merupakan chip yang menyimpan data sistem operasi/firmware ketika pertama kali komputer dinyalakan.
  • Flash Disk, adalah perangkat penyimpanan yang fungsinya sama dengan harddisk yang berbentuk chip dan praktis dibawa kemana – mana.

Secara umum apabila sebuah komputer sudah memiliki ketiga contoh hardware di atas (input, output, proccess) maka komputer akan berjalan dengan baik. Namun terdapat beberapa hardware tambahan yang dapat mendukung kinerja komputer seperti perangkat jaringan, aksesoris, dan perangkat lainnya yang kami tidak bisa jelaskan lebih lanjut.

Berdasarkan penjelasan di atas bahwa pengertian hardware merupakan perangkat keras dalam komputer yang memiliki fungsi utama dalam berjalannya sebuah komputer, demikian artikel mengenai pengertian hardware, contoh dan fungsinya, semoga apa yang kami informasikan bermanfaat bagi anda.

Leave A Reply