Temukan Solusi di Bedacara.com

Pengertian E-Commerce dan Contohnya

0

Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat dan merambah segala bidang yang ada di dunia dan kehidupan manusia, tak terkecuali jual beli. Aktivitas jual beli yang dulu dilakukan secara langsung di tempat seperti pasar mulai berkembang pesat dan tersentuh teknologi informasi sehingga sekarang dikenal adanya jual beli online yang makin marak. Keberadaan jual beli online sudah menjamur di mana – mana karena kemudahan transaksi dan harganya yang cenderung lebih murah dibanding membeli barang di secara langsung.

Salah satu pendukung dan faktor yang mempengaruhi kemajuan ini ialah keberadaan teknologi yang memfasilitasi adanya transaksi jual beli online ini. Adanya Teknologi E-commerce adalah teknologi yang menjadikan jual beli online menjadi mudah dan cepat.

Melalui e-commerce anda dapat melakukan jual beli, tawar menawar, dan melakukan perbandingan harga serta fungsi lainnya yang cukup mudah dan aman. Lalu sebenarnya apa itu e-commerce dan contohnya saat ini?, kami sudah merangkum ke dalam beberapa poin di tulisan kami berikut.

Pengertian E-Commerce

Pengertian e-commerce bukan barang baru di dunia IT, hanya saja baru populer dalam beberapa tahun terakhir. Menurut beberapa pengertian, e-commerce dapat didefinisikan sebagai berikut.

  • Pertukaran antar pihak – pihak (individu maupun organisasi) dengan perantaraan teknologi yang difasilitasi dengan aktivitas intra dan inter organisasi secara elektronik
  • Penggunaan media elektronik untuk perniagaan / jual beli

pengertian e-commerce, fungsi dan contohnya

Jadi berdasarkan dua poin di atas dapat disimpulkan bahwa e-commerce adalah sebuah teknologi yang memungkinkan aktifitas jual beli di masyarakat dapat dilakukan melalui media elektronik atau internet. Melalui e-commerce anda tidak perlu repot datang ke toko tempat penjual menjual dagangannya, cukup menggunakan aplikasi atau website e commerce yang sudah tersedia.

Jenis E-Commerce

Dalam beberapa e-commerce dapat dibagi dalam beberapa kategori berikut, antara lain :

  • B2B (Bussiness to Bussiness)

Adalah jenis e-commerce yang digunakan antar perusahaan saja untuk transaksi jual beli

  • B2C (Bussiness to Consumer)

Jenis e-commerce yang paling umum, yakni penjualan dan pembelian antara pelaku usaha dengan pelanggan / konsumen

  • C2C (Consumer to Consumer)

E-commerce jenis ini memungkinkan antar konsumen melakukan transaksi jual beli, misalnya melakukan lelang online atau menjual barang secara langsung ke forum jual beli, biasanya e-commerce ini dilakukan oleh platform dari pihak ketiga untuk memfasilitasi adanya penjualan / pembelian tersebut

  • Goverment

Adalah e-commerce yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat

Baca juga :

Contoh E-Commerce di Indonesia & Dunia

Kami merangkum beberapa contoh e-commerce yang saat ini berjalan dan masih aktif di dunia maupun di indonesia, yang mana masing – masing memiliki ciri khas masing – masing, antara lain sebagai berikut :

  • Amazon

Situs e-commerce yang paling populer di Amerika dan dunia ini merupakan salah satu pionir dalam perkembangan e-commerce di dunia. Situs ini menawarkan berbagai macam produk yang akan dijual dengan detail harga yang lengkap dan metode pengiriman yang variatfi, saat ini amazon merupakan salah satu situs e-commerce paling populer di dunia.

  • Alibaba

Alibaba adalah salah satu e-commerce terkenal dari Tiongkok yang memfasilitasi pedagang dari negara tersebut dan seluruh dunia untuk transaksi jual beli. Anda dapat membeli barang dari supplier maupun menjadi supplier dengan metode pembayaran dan pengiriman barang yang telah disediakan.

  • Bukalapak

Di Indonesia sendiri Bukalapak adalah salah satu perusahaan e-commerce cukup populer dan unik karena selain menawarkan produk dengan harga terjangkau dan pengiriman cepat, dalam bukalapak juga menawarkan layanan lain seperti pulsa, tagihan listrik, penjualan tiket bahkan investasi berupa beli emas. Bukalapak merupakan e-commerce asli buatan Indonesia.

  • Tiket

Tiket.com adalah salah satu e-commerce penyedia jasa penjualan tiket (baik tiket kendaraan maupun hotel), dan penyewaan mobil serta tiket event seperti konser. Melalui e-commerce ini anda dapat membandingkan beberapa harga tiket dan melakukan pembayaran dengan berbagai metode yang disediakan.

  • OLX

OLX dulunya tokobagus.com merupakan salahsatu e-commerce yang paling awal berdiri di Indonesia. Dimana OLX menawarkan transaksi langsung antara penjual dan pembeli terhadap barang apa saja yang akan dijual. Pembeli juga dapat melakukan nego harga dan menghubungi langsung penjual. Apabila sudah merasa cukup (deal) dan melakukan transaksi melalui beberapa metode.

Demikian tulisan kami mengenai apa itu e-commerce, pengertian e-commerce beserta contohnya. Semoga anda dapat memahami manfaat dari e-commerce dengan sedikit wawasan dari tulisan ini.

0

Leave A Reply