Cara Mengatasi Touchscreen Mati Sebagian

Hampir semua ponsel saat ini sudah menggunakan layar sentuh atau bisa dibilang touchscreen. Masalah yang sering terjadi seperti touchscreen mati sebagian, lalu bagaimana cara mengatasi touchscreen mati sebagian ? apa penyebabnya ? dan masalah-masalah klasik yang ada di smartphone berbasis touchscreen. Namun dibalik masalah-masalah tersebut, ada banyak sekali manfaat jika ponsel menggunakan touchscreen salah satunya layar ponsel menjadi lebih lebar dan bisa menonton video tanpa ditutupi tombol dimana tombol ponsel yang menggunakan layar sentuh akan otomatis menghilang. Tentu ini hanya bisa didapat pada ponsel yang sudah menggunakan layar sentuh.

Ponsel yang menggunakan touchscreen juga sering mengalami masalah dimana yang sering bermasalah adalah touchscreennya tidak berfungsi atau mati. Hal ini bisa disebabkan karena terjadi benturan sehingga pecah dan tidak bisa digunakan. Ada juga yang tidak pecah akan tetapi tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu anda juga akan menemukan banyak masalah pada touchscreen seperti tidak mati sebagian dan sebagian lagi berfungsi dengan normal. Agar anda bisa mengambil tindakan yang pas anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari touchscreen yang mati atau tidak berfungsi.

Penyebab touchscreen Mati Sebagian

Mungkin anda punya masalah dengan touchscreen yang mati sebagian, penyebab dari masalah ini bermacam-macam akan tetapi sebagian besar yang disebabkan karena hal berikut ini.

  1. Layar ponsel tertindih barang berat atau barang-barang jatuh tepat pada layar ponsel sehingga touchscreen sebagian mati dan sebagian lagi berfungsi dengan normal
  2. Sering menggunakan charger ponsel yang tidak standart atau bukan miliknya. Sebagian besar orang sering menggunakan charger orang lain walaupun berbeda ponsel dan merek. Selain itu sering menggunakan power bank juga menjadi salah satu penyebab dari errornya touchscreen pada ponsel anda.
  3. Sistem android yang terganggu karena belum melakukan update sehingga terkesan lambat. Hal ini menyebabkan touchscreen ponsel anda berfungsi sebagian.

Nah itulah beberapa penyebab dari touchscreen mati sebagian yang perlu anda ketahui sebelum anda mengetahui cara mengatasi touchscreen mati sebagian. Jika anda sudah mengetahuinya maka anda bisa lebih berhati-hati lain kali jika touchscreen anda sudah tidak error lagi.

Cara Mengatasi Touchscreen Mati Sebagian

Jika anda sudah tidak sabar untuk mengetahui cara mengatasi touchscreen mati sebagian anda bisa langsung simak caranya dibawah ini.

1. Mengaktifkan menu Pointer Location

Yang pertama yang perlu anda lakukan adalah mengetahui apakah sebagian dari touchscreen yang mati tersebut memang benar-benar rusak atau karena kurang sensitif saja. Oleh sebab itu anda harus mengaktifkan Pointer Location, berikut ini caranya.

  • Pertama-tama silahkan anda masuk ke menu Setting lalu anda klik About.
  • Maka secara otomatis akan muncul Build Number, silahkan anda klik sebanyak 5x atau 7x sampai muncul menu Mode Pengembang. Perlu anda ketahui bahwa beda merk ponsel maka berbeda pula caranya.

Cara Mengatasi Touchscreen Mati Sebagian

  • Jika menu Developer Option muncul, silahkan anda klik dan akan muncul menu Pointer Location. Berikutnya anda centang kolom Pointer Location untuk mengaktifkannya.

  • Jika anda suda mengaktifkan Pointer Location, disana akan muncul garis ketika anda menyentuh touchscreen. Jika anda menyentuh touchscreen dan muncul garis maka bagian yang ada garisnya tersebut menandakan masih berfungsi dengan baik. Silahkan anda sentuh semua dengan cara mengkliknya, jika semuanya bisa di klik maka touchscreen anda baik-baik saja dan dipastikan mati sebagian pada layar bukan karena touchscreen rusak karena hal lain. Akan tetapi jika ada sebagian tidak muncul garis maka sudah bisa dipastikan bahwa touchscreen anda memang benar-benar rusak sehingga harus mengganti LCD.
  • Silahkan anda lakukan Factory Reset jika semua garis yang anda klik muncul untuk menormalkan masalah touchscreen mati sebagian.

2. Cek Posisi LCD

Jika sebelumnya ponsel anda ada masalah karena terjatuh, anda mungkin perlu mengecek posisi dari LCD anda terhadap dudukan pada plat PCB pada ponsel anda. Jika anda takut untuk membuka LCD pada ponsel anda karena tidak pengalaman anda bisa serahkan pada yang ahlinya seperti diperbaiki di konter atau meminta bantuan kepada teman yang sudah pengalaman.

Itulah cara mengatasi touchscreen mati sebagian yang bisa anda lakukan pada ponsel anda masing-masing. Dengan adanya masalah seperti ini maka anda harus lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan ponsel, jangan sampai ponsel yang anda gunakan mudah rusak karena anda tidak memperhatikan cara anda dalam menggunakannya.