Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Hai para pembaca bedacara.com, pada kesempatan kali ini saya akan sharing cara kompres atau memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas video. Bagi kamu yang bekerja atau memiliki hobi editing video, tentu tutorial ini yang sering kamu cari. Biasanya saat kita menggabungkan beberapa video, hasil video editing menjadi sangat besar hingga melebihi 1 Gb dengan format tertentu, padahal ukuran video sebelum digabung tidak terlalu besar. Tentu video yang berukuran besar ini membuat komputer lemot bukan? Gak kebayang kan jika video dengan ukuran sebesar itu di upload di internet? Pastinya membutuhkan waktu yang sangat lama hingga berjam-jam.

Atau bisa juga bagi kamu yang suka mengoleksi banyak video film, drama bahkan video kenangan yang sangat memenuhi harddisk. Seperti yang kita tahu bahwa ukuran video film sangat besar, belum lagi drama yang berisi banyak episode. Video kenangan yang menumpuk juga tentu menjadi salah satu penyebab memory harddisk menjadi bengkak, terkadang ingin dihapus tapi sayang. Belum lagi jika ingin di compress biasanya kualitas video menjadi buruk bahkan sangat blur dan tidak jelas saat ditonton.

Nah untuk mengatasi masalah diatas, kamu bisa loh mengompress atau memperkecil ukuran video tanpa harus menghapus dan mengubah kualitasnya. Caranya adalah dengan bantuan software pihak ketiga sob. Software yang akan saya gunakan adalah Handbrake yang bisa kamu download di Internet. Aplikasi ini banyak dipakai para youtuber dan pekerja multimedia untuk mengompres ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya.

CARA KOMPRES ATAU MEMPERKECIL UKURAN VIDEO TANPA MENGURANGI KUALITAS VIDEO

Yuk langsung saja ikuti tutorial cara kompres/ memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas video dibawah ini.

Langkah 1: Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah download software Handbrake. Jika sudah, install software tersebut di komputer kamu.

Langkah 2: Jika proses pengisntalan selesai, buka software Handbrake. Kalau sudah dibuka, input dulu file video yang akan dikompres, caranya dengan klik Source->File.

Langkah 3: Kemudian cari file yang akan dikompress, pilih lalu klik open. Disini file yang saya gunakan memiliki yang sangat besar yaitu 2 GB.

Langkah 4: Untuk selanjutnya tentukan lokasi destinasi untuk menyimpan file yang akan dikompres. Jadi ketika file telah selesai dikompres, kamu akan menemukannya di folder yang barusan kamu pilih. Caranya klik Browse. Kemudian beri nama, disini saya memberi nama Hasil Compress.mp4.

Langkah 5: Langkah berikutnya adalah atur Output Setting menyesuaikan gambar dibawah ini.

Langkah 6: Selanjutnya atur Video Codec menyesuaikan saja dengan gambar yang ada dibawah ini.

Langkah 7: Langkah selanjutnya adalah memulai proses pengompressan dengan klik Start pada bagian atas.

Langkah 8: Tunggu selagi proses pengompressan berjalan.

Langkah 9 : Setelah selesai, kamu bisa melihat hasil kompress pada folder yang sudah kamu pilih sebelumnya. Setelah melalui tahap pengompressan, video yang semula berukuran 2 Gb menjadi hanya berukuran 15 Mb. Ukurannya menyusut sekitar 130 kali dan kualitas video tidak turun.

Bagaimana sob? Mudah bukan? dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi akan ukuran video yang sangat besar dan akan lama saat di upload. Kamu juga tidak perlu khawatir lagi akan membengkaknya memory harddisk karena menyimpan banyak file video.

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua video menjadi berukuran lebih kecil, terkadang ada beberapa jenis video yang ukurannya menjadi semakin besar setelah di kompress, hal ini bisa saja terjadi karena beberapa hal seperti video codec yang berbeda.

Demikian artikel mengenai cara kompres atau memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas video. Jangan lupa untuk share ilmu tentang cara kompres/ memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas video diatas melalui akun sosial media milikmu. Semoga dapat membantu dan memperluas wawasanmu di dunia teknologi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply