Cara Cek HP OPPO Asli atau Palsu

Brand OPPO merupakan salah satu merk smartphone yang paling banyak dicari saat ini. Cara cek HP OPPO asli atau palsuperlu kamu lakukan. Dari awal kemunculannya, OPPO selalu memberikan inovasi terbaru pada produknya hingga saat ini. Kualitas kamera yang bagus dan harga yang sangat terjangkau menjadikan OPPO memiliki banyak peminat. Brand ambasador yang dipilih oleh OPPO juga memperngaruhi penjualan produknya seperti Isyana, Raisa, Chelsea Islan, bahkan pembalap ternama Rio Haryanto.

Dengan banyaknya permintaan yang terus berdatangan, terkadang ada oknum-oknum nakal yang mencari peruntungan dengan membuat OPPO palsu untuk diperdagangkan. Oleh karena itu, kita sebagai konsumen harus berhati-hati dan jeli dalam memilih produk. Alih-alih membeli smartphone OPPO original, yang ada kita mendapatkan yang palsu atau super king copy.

CARA CEK HP OPPO ASLI ATAU PALSU

Untuk mengatasi masalah tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara cek HP OPPO asli atau palsu. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu coba sebelum memutuskan untuk membeli HP OPPO. Yuk langsung simak saja ulasannya berikut ini.

  1. Cek spesifikasi HP

Cara cek HP OPPO asli atau palsu yang pertama adalah dengen mengecek spesifikasi HP yang kamu akan kamu beli dengan menyesuaikannya dengan spesifikasi yang ada diinternet seperti jumlah RAM, kualitas kamera, jaringan yang mendukung, baterai dan konektivitas. Hal yang perlu kamu cek adalah desain body HP. Pada produk palsu, kamu akan menemukan cacat fisik atau bisa juga bahan yang digunakan terkesan kurang berkualitas dan murahan. Seperti yang kita tahu bahwa biasanya oknum-oknum nakal mengurangi kualitas smartphone sehingga biaya produksi yang dikeluarkan menjadi lebih murah. Sayangnya, banyak orang yang malas membaca spesifikasi karena terlalu ribet. Lebih baik ribet sedikit daripada membeli smartphone palsu bukan?

  1. Kejernihan Layar

Cara yang kedua adalah dengan mengecek kejernihan layar. Kejernihan layar dipengaruhi oleh kerapatan pixel. Pada HP palsu, kerapatan pixel lebih renggang sehingga tampilan layar tidak tajam dan terkesan buram. Selain itu gambar foto yang dihasilkan biasanya tidak bagus apalagi saat memutar video.

Cara screenshoot di iPhone

Jika tujuan utamamu saat membeli smartphone adalah memanfaatkan fitur kamera yang bagus, alangkah lebih baik jika berhati-hati saat memilih, jangan sampau tergiur harga yang murah tetapi kualitas nol.

  1. Fitur NFC

Berkutnya adalah dengan mengecek NFC. Pada HP OPPO asli, kamu dapat menemukannya saat melepas tutup belakang atau baterai dari perangkat (tergantung tipe smartphone). Disana akan terlihat garis konektor NFC berupa jalur timah berwarna kuning.

Pada OPPO palsu, NFC ini juga turut dipalsukan. Perbedaannya jika pada OPPO palsu, konektor NFC akan lebih jelas dan dibuat-buat untuk mengelabui pembeli. Sedangkan pada OPPO yang asli, konektor NFC terkesan lebih terlindungi.

  1. Performa Device

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek langsung kinerja dari HP yang akan kamu beli. Pada OPPO yang asli sudah dipastikan lebih cepat, sedangkan pada OPPO KW kinerjanya lebih lambat dan memerlukan kesabaran dalam menggunakannya. Masih berhuungan dengan point yang pertama bahwa HP palsu biasanya mnggunakan RAM 512 Mb atau maksimal 1 GB saja sehingga performa HP sangat kurang memuaskan apalagi saat digunakan untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus.

  1. Aplikasi Benchmark

Cara cek selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Aplikasi Antutu Benchmark. Fungsi Antutu Benchmark adalah untuk mengetahui detail software dan hardware yang digunakan perangkat. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengetahui detail spesifikasi dan dapat dibandingan dengan spesifikasi yang pernah kamu baca.

  1. Harga

Yang tak kalah penting selanjutnya adalah dengan cek harga. Sebelum membeli smartphone, sebaiknya kamu mengecek harga terbaru yang berlaku dipasaran. Jika harga jauh dibawah pasaran padahal tipenya sama, bisa saja HP yang akan kamu beli adalah palsu.

Cara membuka iPhone yang terkunci

  1. Cek IMEI

Cara berikutnya adalah dengan cek IMEI. IMEI adalah kode unik yang dimiliki setiap ponsel. Cara cek nomor IMEI cukup dengan dial *#06#. Jika ponsel OPPO asli, maka kode IMEI akan sesuai dengan yang tertera pada box. Kamu juga bisa mengeceknya langsung di website resmi OPPO. Jika asli, maka akan muncul informasi bahwa produk yang kamu miliki original.

  1. Cek Garansi

Cara cek keaslian HP OPPO yang terakhir adalah dengan cek garansi. Setiap ponsel yang dibeli tentu memiliki garansi dengan jangka waktu tertentu. untuk mengelabui pembeli, terkadang oknum nakal juga memalsukan kartu garansi. Tetapi tetap saja jika kamu jeli, akan terlihat mana kartu garansi palsu dan mana yang asli.

Nah itu tadi cara cek HP OPPO asli atau palsu. Sebelum membeli, pastikan kamu telah membaca review dan spesifikasi smartphone yang kamu inginkan agar bisa membedakan HP asli dan yang palsu.

Demikian artikel mengenai cara cek HP OPPO asli atau palsu. Semoga artikel diatas dapat berguna dan menambah wawasan pembaca sekalian. Terimakasih dan tetap waspada guys.