Cara Cek Driver Wifi dan Cara Mengupdatenya

Hai para pembaca bedacara.com. Kali ini saya akan sharing mengenai pengalaman pribadi tentang cara cek driver wifi dan cara mengupdatenya. Cerita sedikit, jadi dulu saya pernah dimintai tolong oleh teman saya yang laptopnya tidak mau mendeteksi wifi. Padahal wifi sudah nyala dan tersambung di smartphone dan laptop milik saya, konektifitas wifi pada laptop teman juga sudah dalam keadaan on, tetapi tidak ada satupun sinyal wifi yang tersangkut.

Mungkin karena teman saya panik, sampai-sampai wifi dikosan direstart berulang-ulang, padahal yang bermasalah laptopnya sendiri. Setelah ditelusuri, ternyata laptop teman saya telah diinstal ulang beberapa hari sebelumnya dan driver wifi yang ada pada laptop belum di update. Sesaat setelah diinstal ulang, semuanya berjalan normal seperti biasa, tetapi selang beberapa hari laptop tersebut tidak bisa disambungkan ke wifi. Alhasil semua tugas kuliah jadi terbengkalai seharian. Tahu kan gimana rasanya jika sedang dikejar dateline tapi tiba-tiba ada masalah tak terduga? Bikin pusing.

Sebenarnya ada banyak penyebab lain yang bisa membuat laptop tidak mau tersambung dengan wifi, namun kebanyakan penyebab yang sering terjadi adalah driver wifi yang belum update.

Bukan tanpa alasan sih, bagi kebanyakan orang mungkin tidak terlalu paham dengan perangkat lunak seperti driver atau yang lain. Banyak yang menganggap itu bikin pusing lah, ribet lah, kalau rusak ya tinggal dibawa ke tukang service. Tapi jangan salah, kamu juga perlu loh guys mengetahui sedikit mengenai ilmu ini, sekedar antisipasi saja jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada laptop milikmu dan disebabkan karena driver yang belum diupdate.

CARA CEK DRIVER WIFI DAN CARA MENGUPDATENYA

Cara cek driver wifi dan cara mengupdatenya pada laptop sebenarnya sangat mudah, untuk lebih detailnya, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1 : Pertama-tama klik start pada bagian kiri bawah dekstop. Pada kolom pencarian, ketik “Device Manager” seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian akan muncul pilihan “Device Manager” pada bagian atas, lalu klik.

Langkah 2 : Selanjutnya akan muncul dialog Device Manager seperti pada gambar dibawah ini. Klik pada “Network Adapters”. Kemudian akan muncul beberapa driver dibagian bawahnya seperti pada gambar dibawah ini. Disini kamu bisa melihat driver wifi yang kamu gunakan.

Langkah 3 : untuk mengetahui informasi detail dari driver wifi, cukup klik kanan lalu pilih Properties. Maka akan muncul dialog yang berisi detail driver.

Langkah 4 : Yang terakhir adalah cara update driver. Ada dua cara update driver wifi, yang pertama adalah dari dialog properties tadi, pada menu Driver, klik update driver.

Kemudian akan muncul dialog seperti pada gambar dibawah ini. klik pada “Search Automatically for Updated Driver Software” lalu ikuti saja petunjuk selanjutnya hingga selesai.

Cara yang kedua adalah melalui device manager tadi, cukup klik kanan pada driver wifi, kemudian pilih “Update Driver”.

Jika driver sudah diupdate, tentu tidak ada lagi masalah seperti laptop tidak mau tersambung dengan wifi. Alangkah lebih baik jika driver diupdate secara berkala agar kedepannya tidak muncul masalah-masalah yang tidak diinginkan dan menghambat pekerjaanmu. Jika sudah tahu caranya, kamu tentu tidak akan panik jika masalah tersebut terjadi dan tidak perlu repot-repot membawa laptop ke tukang service. Ingat, hemat lebih baik guys, apalagi untuk anak kos hehe.

Simpel banget kan? Pada tutorial diatas saya menggunakan windows 7. Jika versi windows milikmu tidak sama, cukup menyesuaikan saja langkah-langkah yang sudah saya berikan.

Demikian artikel mengenai cara cek driver wifi dan cara mengupdatenya. Semoga dapat menambah wawasan dan bisa berguna bagi orang yang ada disekitarmu. Terima kasih dan selamat mencoba.